Tips Menghindari TORCH Untuk Ibu Hamil

Tips Menghindari TORCH Untuk Ibu Hamil -  Penyakit TORCH memang sangat rentan diderita oleh ibu hamil. Hal itu bisa terjadi karena pada saat kehamilan, rata-rata seorang ibu mengalami penurunan kualitas sistem imun. Seorang ibu hamil hendaknya mempunyai asupan nutrisi serta gizi penuh untuk tetap kuat, sehat dan bugar saat masa kehamilan.

 

Sebenarnya TORCH tidak hanya rawan terjadi pada ibu hamil, namun semua orang yang memiliki kekebalan tubuh atau sistem imun yang tidak kuat. Dalam pembahasan ini kami khususkan untuk ibu hamil sebab posisi penting seorang ibu untuk melahirkan bayinya. Jika seorang ibu terinfeksi virus TORCH, maka bisa dipastikan bahwa bayinya juga terinfeksi. Berikut ini adalah tips menghindari TORCH untuk ibu hamil:

 

Makan makanan bergizi

Ibu hamil membutuhkan gizi yang lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak hamil. Selain dirinya sendiri, ia harus memberi asupan nutrisi pada jabang bayi yang dikandungnya. Asupan gizi yang sempurna sangat baik untuk perkembangan janin dan kekuatan sistem imun alami tubuh. Jika tubuh seorang ibu sudah mempunyai sistem pertahanan yang kuat, maka tiadak dikhawatirkan lagi virus TORCH dapat menginfeksi.

 

Lakukan pemeriksaan sebelum kehamilan

Sudah tentu setiap ibu hamil wajib memeriksakan tubuh sebelum merencanakan kehamilan. Anda dapat memeriksa apakah dalam tubuh terdapat virus atau bakteri yang dapat menyebabkan infeksi terutama Karena TORCH. Jika Anda sudah terinfeksi, ikuti saran dokter untuk mengobatinya dan tunda kehamilan hingga benar-benar sembuh. Hal itu Anda lakukan demi keturunan Anda di masa depan.

 

Melakukan vaksinasi

Vaksinasi bertujuan untuk mencegah masuknya parasit penyebab TORCH. Seperti vaksin rubela dapat dilakukan sebelum kehamilan. Hanya saja, Anda tidak boleh hamil dahulu sampai 2 bulan kemudian. Pemberian vaksin ini sangat penting untuk mencegah infeksi virus.

 

Makan makanan yang matang

Hindari memakan makanan yang tidak matang atau setengah matang. Virus atau parasit penyebab TORCH biasanya  menular lewat makanan yang tidak matang. Untuk mencegah kemungkinan tersebut, selalu konsumsilah makanan matang dalam keseharian Anda. Atau jika Anda adalah orang yang sangat berhati-hati, pastikan bahwa apa saja yang Anda pegang dan makan adalah bahan-bahan yang steril dari virus dan bakteri.

 

Periksa kandungan secara teratur

Selama masa kehamilan, pastikan juga agar Anda memeriksakan kandungan secara rutin dan teratur. Maksudnya adalah agar dapat dilakukan tindakan secepatnya apabila di dalam tubuh Anda ternyata terinfeksi TORCH. Penanganan yang cepat bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.   

 

Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan

Tetaplah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan Anda. Prosedur higiene dasar, seperti mencuci tangan, sangatlah penting.

 

Hindari kontak dengan penderita penyakit

Jaga diri anda sebaik mungkin dari lingkungan sekitar. Seorang wanita hamil harus menghindari kontak dengan siapa pun yang menderita infeksi virus dan penyakit-penyakit menular lainnya.

 

Hindarilah kontak dengan binatang asing

Saat hamil, Anda harus berhati-hati saat melakukan kontak dengan binatang asing. Semisal ada kucing manis yang datang ke rumah Anda, maka jangan terlalu dekat apalagi memegangnya sembarangan sebelum ada kepastian bahwa kucing itu bersih dari infeksi virus.

 

Demikianlah tips menghindari TORCH untuk ibu hamil. Beberapa tips ini sebenarnya tidak dikhususkan untuk ibu hamil saja. Semua tips ini sangat layak dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kesadaran penuh terhadap bahaya penyakit TORCH. Semoga bermanfaat.